RSS
ATTENTION ! Kemarin adalah kenangan,Hari ini adalah hadiah, dan Esok adalah harapan. Kehidupan adalah pilihan antara makna dan kehampaan.Antara Impian dan Harapan,Hati, dan Jiwa.

silakan OPEN ...

[darwistriadi.com]

[darwistriadi.com]

Jurnal Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Penyakit Ikan Cupang




·       Yogi Adityo (12108084)

 I. Pendahuluan
Seiring perkembangan teknologi banyak sekali macam– macam sistem operasi yang terdapat pada telepon genggam atau yang akrab di kenal sebagai handphone, seperti Blackberry, symbian, Mac OS, linux, dan Android. Banyak sekal orang menggunakan alat komunikasi untuk gaya hidup saja, tidak mengerti kegunaannya untuk apa, sehingga tidak jarang pemakai atau user mendapatkan handphone tidak sesuai dengan yang diharapkan. Contoh yang didapat dari survei lapangan, ada yang membeli handphone yang tidak sesuai dengan kegunaannya meskipun pada dasarnya handphone diperuntukan untuk alat komunikasi, bahkan cenderung lebih banyak untuk remaja dan dewasa karena tampilan dari tiap-tiap handphone dan produsen mempunyai karakter yang berbeda– beda ada juga yang merasa tidak suka dengan desain karakter dan tampilan nya tersebut. Ini dikarenakan bahwa calon pembeli hanya mendapatkan informasi bahwa handphone tersebut bentuknya bagus, dan sebaliknya pula ada calon pembeli yang tertarik membeli karena melihat potongan iklan tersebut tanpa mengetahui garis besar dari kegunaan handphone tersebut sehingga ada kekecewaan karena kegunaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Perkembangan teknologi yang terdapat pada handphone saat ini sangat pesat. Handphone digunakan tidak hanya sebagai alat komunikasi suara saja, tetapi juga sebagai alat memudahkan pengguna handphone dalam kehidupan sehari-hari. Handphone yang ada dipasaran kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan penggunanya. Hampir setiap handphone memiliki fasilitas seperti kamera, musik, games, ataupun internet, karena pada saat ini aplikasi-aplikasi tersebut telah menjadi salah satu kebutuhan bagi pengguna handphone. Selain aplikasi-aplikasi tersebut masih banyak lagi aplikasi yang ada yang telah diciptakan berdasarkan kebutuhan atau permintaan konsumen. Mungkin akan banyak lagi aplikasi yang akan tercipta untuk menunjang dan mempermudah kebutuhan bagi pengguna handphone. Aplikasi yang tercipta bisa saja untuk menunjang hobi ataupun kegiatan yang telah menjadi rutinitas si pengguna handphone. Dari paparan atau penjelasan di atas kami ingin membuat “aplikasi sistem pakar menggunakan Android untuk mendiagnosa penyakit ikan cupang”. yang dapat memudahkan kita dalam menunjang hobi ataupun kegiatan budidaya ikan cupang dalam masyarakat umum .
 II. Landasan Teori
2.1  Biodiversity
Keanekaragaman hayati atau biodiversitas adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi dimana bentuk kehidupan ini merupakan bagiannya. Dapat juga diartikan sebagai kondisi keanekaragaman bentuk kehidupan dalam ekosistem atau bioma tertentu. Keanekaragaman hayati seringkali digunakan sebagai ukuran kesehatan sistem biologis. Keanekaragaman hayati tidak terdistribusi secara merata di bumi, wilayah tropis memiliki keanekaragaman hayati yang lebih kaya, dan jumlah keanekaragaman hayati terus menurun jika semakin jauh dari ekuator. Keanekaragaman hayati yang ditemukan di bumi adalah hasil dari miliaran tahun proses evolusi. Asal muasal kehidupan belum diketahui secara pasti dalam sains. Hingga sekitar 600 juta tahun yang lalu, kehidupan di bumi hanya berupa archaea, bakteri, protozoa, dan organisme uniseluler lainnya sebelum organisme multiseluler muncul dan menyebabkan ledakan keanekaragaman hayati yang begitu cepat, namun secara periodik dan eventual juga terjadi kepunahan secara besar-besaran akibat aktivitas bumi, iklim, dan luar angkasa
Jenis keanekaragaman hayati meliputi :
• Keanekaragaman genetik (genetic diversity) Gen adalah materi yang mengendalikan sifat atau karakter. Jika gen berubah, maka sifat-sifat pun akan berubah. Sifat-sifat yang ditentukan oleh gen disebut genotipe. Ini dikenal sebagai pembawaan. Meskipun termasuk spesies yang sama, tidak ada satu individu yang persis sama dengan yang lain, karena adanya keanekaragaman gen. sekilas, memang ada kemiripan bentuk luar. Namun jika diamati, akan terdapat variasi sifat sehingga tampaklah adanya keanekaragaman. Perbedaan gen tidak hanya terjadi antar jenis. Di dalam satu jenis (spesies) pun terjadi keanekaragaman gen. dengan adanya keanekaragaman gen, maka sifat-sifat di dalam satu spesies bervariasi.
• Keanekaragaman spesies (species diversity) Di dalam satu jenis dijumpai keseragaman individu, namun antarjenis dijumpai keanekaragaman individu.Di lingkungan sekitar kita dapat dijumpai berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Di dalam satu famili rumput (Gramineae) dapat dijumpai rumput grinting, padi, jagung, rumput gajah. Di dalam golongan burung dapat dijumpai itik, ayam, bebek, angsa, merpati, dan burung parkit.Sangat mudah menentukan keanekaragaman jenis karena dapat kita amati perbedaan sifat dengan jelas. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat 500 juta spesies makhluk hidup.
• Keanekaragaman ekosistem (ecosystem diversity) Antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain (baik di dalam jenis maupun antarjenis) terjadi interaksi. Ini dikenal sebagai interaksi biotik, yang membentuk suatu komunitas. Antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik yaitu suhu, cahaya, dan lingkungan kimiawi yaitu air, mineral, keasaman, juga terjadi interksi. Ini terkenalsebagai interaksi biotik-abiotik yang membentuk sistem lingkungan atau ekosistem.

2.2 Pendeteksian Penyakit ikan cupang secara umum
Penyakit pada ikan cupang adalah salah satu kondisi yang sangat tidak di inginkan oleh penghobi ikan. Namun jangan khawatir,karena disni kita dapat mengetahui penyakit yang diderita ikan tersebut dengan mendeteksi melalui tingkah laku ikan tersebut.
Kenapa ikan sakit? Dalam kondisi normal yaitu lingkungan optimal dan daya tahan tubuh yang baik, ikan sebenarnya jarang terkena penyakit. Namun, apabila kondisi lingkungan tidak cocok, ikan akan stress dan daya tahan tubuh menurun. Bila sudah begitu, maka penyakit akan dengan sangat mudah muncul. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi tubuh ikan melemah, diantaranya kualitas air yang buruk, nutrisi yang tidak terpenuhi, serta kepadatan yang terlalu tinggi. Akibatnya terjadi komposisi tidak sehat antara oksigen, makanan, dan lain-lain. Sumber penyakit terdiri dari virus, bakteri, parasit, dan sumber lain yaitu kekurangan nutrisi dan rusaknya kualitas air. Bagaiman mendeteksi ikan yang terkena penyakit? Ikan sakit ditandai dengan tingkah laku yang tidak sepeti biasanya dan ditemukan kelainan pada organ tubuh. Tanda-tanda tingkah laku ikan sakit secara umum diantaranya:
1. Berenang tidak terkendali, bahkan menabrak pematang.
2. Membuka dan menutup insang lebih lebar dan cepat (mengap-mengap)
3. Mengosok-gosokan badan pada benda-benda yang ada di kolam .
4. Ikan tidak mau makan .
5. Berkumpul di inlet (tempat air masuk).

Tanda-tanda pada bagian tubuh diantaranya:
1. kelainan pada tulang belakang
2. produksi lendir lebih banyak dari biasanya
3. proporsi tubuh tidak seimbang (cenderung kurus)
4. adanya luka dan perdarahan
5. warna kulit lebih pucat atau gelap (tidak cerah) .
Apabila tanda-tanda tersebut ditemui maka segera lakukan perbaikan kualitas air, penambahan vitamin pada pakan, dan melakukan pengobatan dengan segera.

2.3 Pengenalan Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

III. Perancangan Sistem.
Pada bagian ini akan menjelaskan tentang analisis pembuatan aplikasi sistem penunjang keputusan kelompok kami telah melakukan tahapan yang dikerjakan secara menyeluruh.Tahapan tersebut adalah menganalisa masalah,user profil,(perancangan system pakar meliputi:Identifikasi,Konseptualisasi,Formalisasi,Implementasi dan pengujian) storyboard,membuat rancangan struktur navigasi dan membuat rancangan program. Selain aplikasi untuk mendiagnosa penyakit ikan, aplikasi sistem pakar ini juga memberikan informasi tentang jenis-jenis penyakit ikan, cara pencegahan dan pengobatan, jenis-jenis penyakit dan gejala yang timbul. Setelah mengetahui tentang sistem pakar,maka tulisan kali ini kita fokuskan pada bagaimana menganalisis dan merancang sistem pakar itu. Dalam membangun sebuah perangkat lunak sistem pakar untuk mendiagnosa jenis penyakit ikan cupang berbasis Android dan cara penanganannya dilakukan beberapa tahap analisis yaitu :
1. Menentukan masalah yang akan dibangun untuk sebuah perangkat lunak sistem pakar. Sistem yang akan dibangun merupakan sebuah perangkat lunak sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit ikan cupang menggunakan android.
2. Mengumpulkan data yang diperlukan untuk membangun sistem, yaitu berupa informasi tentang pengertian penyakit, gejala, jenis penyakit dan cara pengobatannya melalui buku,pakar,file,dan browsing yang digunakan sebagai base knowledge.
3. Mempresentasikan pengetahuan ke dalam tabel gejala yang telah dianalisis, aturan produksi serta dan penelusuran gejala dan nama penyakit.
4. Usulan sistem yang akan dibuat.
Sistem pakar untuk mendignosa penyakit ikan ini dibuat sesederhana mungkin untuk membantu seorang user dalam mendiagnosa penyakit ikan dengan menganalisis data yang telah ada tanpa harus keluar rumah dan membuka komputer, karena kelebihan aplikasi ini adalah dapat digunakan via mobile,yang telah dijelaskan sebelumnya.

3.1 Analisis System
Ikan cupang saat ini sangat banyak dicari oleh para penghobi atau penggemar ikan karena keunikan ragam jenisnya,juga banyak orang berfikir dapat membawakan keberuntungan. Namun terdapat kendala dalam memeliharanya,yaitu Penyakit pada budidaya ikan merupakan hal yang menakutkan bagi penghobi, petani.betapa tidak, hasil kerja keras mulai dari persiapan lahan, penebaran benih, sampai dengan pemeliharaan yang penuh dengan kehati-hatian akan sirna atau berganti dengan kerugian apabila ikan terkena penyakit.Namun sekarang ini masalah tersebut dapat dikenali masalahnya,mengidentifikasi sistem merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam tahap analisis sistem. Masalah tersebut dapat didefinisikan sebagai suatu pertanyaan yang ingin dipecahkan seperti permasalahn tadi diatas. Sistem sederhana yang akan dirancang ini merupakan bagian kecil dari sistem pakar secara keseluruhan. Sedangkan domain spesifik yang diangkat adalah mengenai gejala-gejala penyakit ikan cupang, jenisjnispenyakitnya, pengobatan,dan sifat penyakit. Pada pembuatan aplikasi, diperlukan pembuatan analisa sistem. Analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan. Syarat utama sebuah system yang baik adalah yang mengerti kebutuhan dan keinginan para user. Aplikasi yang baik mengutamakan nilai informasi dan keluwesan bentuk. Tidak kaku, tidak monoton dan modern. Selain itu sebuah system haruslah cepat dan tepat sasaran dalam memberikan informasi yang diinginkan user Aplikasi system penunjang keputusan ini merupakan sebuah aplikasi system yang berbasiskan teknologi semantic dimana diharapkan ketika seorang user ingin mencari informasi dimanapun,dan dalam situasi apapun mengenai sebuah penyakit ikan maka akan diarahkan sedekat mungkin dengan criteria dari atribut yang dimiliki gejala ikan tersebut. Sehingga dalam mendiagnosa sebuah penyakit ikan tidak menghabiskan banyak waktu dan informasi yang didapat sesuai dengan yang diinginkan.

3.2 User Profile
Sering kali hobi ikan cupang mengalami gangguan dalam pemeliharaan ikan hias yang disebabkan berbagai macam hama dan penyakit. Kurangnya pengetahuan dan keterlambatan penanggulangan atau adanya kesalahan pemberian obat menyebabkan kematian ikan hias kesayangan. Diantara semua penyebab penyakit ikan cupang yang paling berbahaya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, apabila tidak segera diobati akan menyebabkan kematian dalam waktu singkat hanya dalam satuan hari, dan dapat menjadi wabah yang menyebabkan kematian massal bila ikan cupang yang terjangkit tidak segera di karantina dan di obati.Dalam melakukan pengobatan terhadap ikan cupang yang sakit hendaknya kita harus terlebih dahulu mengenali jenis penyakit dan penyebabnya sehingga dapat dengan tepat memberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita. Pemberian obat yang salah dapat mengakibatkan hal yang fatal pada ikan cupang bahkan dapat menyebabkan kematian pada ikan cupang. Untuk itulah aplikasi ini dibuat agar hobi dengan mudah mengenal penyakit ikan cupang dengan mendiagnosa gejala yang dimilikinya.

3.3 Perancangan Sistem
3.3.1 Tahap Identifikasi
Permasalahan yang diketengahkan dalam membangun sistem pakar ini berada dalam domain yang menjelaskan gejala-gejala penyakit ikan. Pada tahap ini knowledge enginner harus berdiskusi dan bekerja sama dalam menentukan batasan yang dikaji. Dan batasan yang akan dikaji hanya terbatas pada penyakit ikan yang bersifat umum. Ada 15 gejala umum yang akan dibahas.yaitu:
1. Muncul bercak-bercak putih seperti kapas di badan ikan (seperti panuan)
2. Nafsu makan berkurang
3. Sirip menguncup
4. Warna ikan mulai memucat hari demi hari
5. Muncul warna gelap atau kadang kemerahan seperti berdarah di pinggiran
sirip
6. Muncul bintik-bintik putih di badan ikan seperti sisikan
7. Ikan kurang aktif bergerak
8. Muncul bintik-bintik berwarna emas di badan ikan
9. Mata ikan mulai membengkak
10. Tidak mau makan(makanan ikan utuh selama 1hari)
11. Perut ikan mulai membengkak(bukan karena makan)
12. Tdk bisa buang kotoran(area aquarium bebas dari kotoran)
13. Insang memerah(dapat diamati dalam 2 hari)
14. Tutup insang tdk mau menutup rapat
15. Kotoran ikan seperti memanjang

3.3.2 Tahap Konseptualisasi
Dalam domain permasalahan ini, akan ditentukan unsur-unsur apa saja yang terkait dan macam-macam / gejala-gejala dari suatu penyakit ikan cupang .

IV .Penutup dan Kesimpulan
Dari hasil pembahasan pada bab-bab sebelumnya, juga setelah pengujian terhadap program yang telah kami buat ini, maka kami mengambil beberapa kesimpulan yang salah satu diantaranya adalah, dengan bantuan sebuah program aplikasi mobile ini akan sangat membantu pengguna atau penghobi dalam mendiagnosa penyakit ikan cupang.sistem pakar sangat berguna untuk menggantikan tugas seseorang pakar. Tanpa kehadiran seorang pakar manfaat sistem pakar ini sangat terasa manakala intensitas seorang pakar meningkat untuk mencari tahu jenis penyakit dari setiap gejala penyakit tersebut. Kami menemukan beberapa kekurangan dari program yang kami buat ini diantaranya adalah program ini belum mampu mendeteksi jenis-jenis penyakit ikan secara keseluruhan, hanya terbatas pada 9 jenis penyakit yang umum di derita. Aplikasi ini juga masih belum menghasilkan solusi yang diharapkan jika gejala-gejala yang kita input tidak sesuai dengan yang terdapat di dalam program. dan aplikasi ini masih harus dilakukan perbaikan dan penyesuaian untuk dapat diterapkan karena belum bisa dikatakan sempurna. Dalam Jurnal ini, kami akan memberikan kesimpulan tentang penerapan aplikasi ini, diantaranya adalah :
1. Aplikasi ini memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan informasi mengenai jenis-jenis penyakit ikan cupang.
2. Aplikasi ini dirancang dengan tampilan yang memperhatikan kemudahan pengoperasian sehingga mudah digunakan.
3. Aplikasi ini dapat digunakan oleh orang awam atau penghobi untuk membantu mendiagnosa penyakit ikan ataupun hanya sekedar mencari informasi penyakit.

Adapun beberapa saran yang mungkin dapat diberikan untuk meningkatkan aplikasi yaitu pendeteksian penyakit yang lebih akurat maka di sarankan adanya suatu penambahan jenis-jenis penyakit ikan yang khusus selain itu juga gejala-gejala yang ditampilkan pada program agar di buat serinci mungkin. Demikian kiranya saran yang bisa kami utarakan. Semoga program ini dapat berguna dan lebih baik lagi dalam pengembangannya nanti.

7 komentar:

Irwan Vespa mengatakan...

Assalamu'alaikum.Wr.Wb

Mas bro ane mau tanya nih tentang judul yang ente buat, ane mau belajar gitu cara buat aplikasinya gmn yah, mungkin kiranya mas bro berkenan mengajari ane :D

yoghduthglory mengatakan...

walaikumslam .

Waduh agak susah nih bljrnya. hrs tau java dan jeroan2anya :)
coba aja belajar tutor pke ecclipse..

Irwan Vespa mengatakan...

ada yah mas gan tutor nya buat aplikasi android pake eclipse, java ngerti sih dikit dikit ^_^
cara konvert nya dari java ke apk gmn mas

yoghduthglory mengatakan...

ada boss.. skrg udh banyak e-booknya juga.
kan otomatis konvert ke apk langsung, tgl di RUN..cari di apknya di folder.

Irwan Vespa mengatakan...

mas ane boleh liat ga contohnya sistem pakar dengan android

yoghduthglory mengatakan...

http://www.4shared.com/android/rehZyhm-/PakarIkan.html?

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum.Wr.Wb
mas bisa minta source code nya gak...???? :)

Posting Komentar

 
Copyright 2009 yoghduthglory. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates