RSS
ATTENTION ! Kemarin adalah kenangan,Hari ini adalah hadiah, dan Esok adalah harapan. Kehidupan adalah pilihan antara makna dan kehampaan.Antara Impian dan Harapan,Hati, dan Jiwa.

silakan OPEN ...

[darwistriadi.com]

[darwistriadi.com]

Komposisi pada Kalimat dan Opini


Komposisi adalah bentuk pengungkapan gagasan berupa gubahan yang tercermin dalam susunan beberapa kalimat. Sebuah komposisi dapat terbentuk hanya dalam satu untaian kalimat dan dapat pula berupa rangkaian kalimat. Untaian kalimat yang mencerminkan satu gagasan yang padu membangun satu paragraf atau alinea. Skripsi, makalah, berita di koran, pidato, dan surat adalah contoh komposisi. Karya sastra yang berupa sajak, cerpen, dan novel pun merupakan komposisi. Paragraf pada sajak dikenal dengan istilah bait.
Ciri komposisi :

1. Kepaduan.

Kepaduan terbentuk oleh adanya kesatuan dan pertautan. Kesatuan berkenaan dengan pokok masalah, sedangkan pertautan berkenaan dengan hubungan antara bagian yang satu dan bagian yang lain berupa kalimat, paragraf, bab, terdapat komposisi yang berbentuk buku.
Istilah yang perlu Anda ketahui:
Sumber istilah dan cara yang ditempuh dalam mencari padanan Indonesia untuk istilah asing:
1. canggih (sophisticated)
2. kedai kudapan (snack bar)
3. melit (curious)

Opini
Dalam membuat komposisi sebuah buku harus ada kepaduan. Agar pembaca dengan jelas memahami isi sebuah buku, apa pokok permasalahannya dan apa gagasan utama pada setiap bab, paragraf atau kalimat pada sebuah buku tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 yoghduthglory. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates