RSS
ATTENTION ! Kemarin adalah kenangan,Hari ini adalah hadiah, dan Esok adalah harapan. Kehidupan adalah pilihan antara makna dan kehampaan.Antara Impian dan Harapan,Hati, dan Jiwa.

silakan OPEN ...

[darwistriadi.com]

[darwistriadi.com]

DEFINISI JAVA


Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer . Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel. Tujuan java pada waktu itu adalah menjadi perangkat lunak yang kecil, efisien dan portableuntuk berbagai perangkat keras.
Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:

• Programming-language specification
• Application-programming interface
• Virtual-machine specification

Sistem operasi biasanya ditulis dalam sebuah kombinasi dari kode bahssa C dan assembly, terutama disebabkan oleh kelebihan performa dari bahasa tersebut dan memudahkan komunikasi dengan perangkat keras.
Satu kesulitan dalam merancang sistem basis bahasa adalah dalam hal proteksi memori, yaitu memproteksi sistem opeasi dari pemakai program yang sengaja memproteksi pemakai program lainnya. Sistem operasi tradisional mengaharapkan pada tampilan perangkat keras untuk menyediakan proteksi memori. Sistem basis bahasa mengandalkan pada tampilan keamanan dari bahasa. Sebagai hasilnya, sistem basis bahasa menginginkan pada alat perangkat keras kecil, yang mungkin kekurangan tampilan perangkat keras yang menyediakan proteksi memori.
Dari pertama dikembangkan, Java telah memiliki dua generasi. Generasi ke-2 Java disebut dengan istilah Java2. Java generasi ke-2 (Java 2) terbagi menjadi tiga paket, yaitu :
1. J2EE (Java 2 Enterprise Edition);
J2EE biasa digunakan pada pemrograman aplikasi server, atau aplikasi berbasis web server.
2. J2SE (Java 2 Standard Edition);
Paket ini paling banyak digunakan pada pembuatan aplikasi desktop dan server berukuran kecil hingga sedang.
3. J2ME (Java 2 Micro edition);
Banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi pada wireless device atau mobile device.

J2SE diluncurkan oleh Sun Microsystem dalam bentuk JDK atau yang sekarang dikenal sebagai SDK (Software Develoment Kit) di mana di dalam JDK ini termuat antara lain : JRE (Java Runtime Environment) yang sesungguhnya merupakan API (Application Programming Interface) khas bahasa Java, yaitu aneka pustaka kode (code library) dalam bentuk paket siap pakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Java.





KELEBIHAN JAVA
1. Sederhana : Bahasa java merupakan adopsi dari bahasa C++ namun sintaks pada java ada yang berbeda dengan bahasa C++ yaitu menghilangkan penggunaan pointer dan multi inheritance. Bahasa java menggunakan fasilitas automatic memory allocation dan memory garbage collection.

2. Aman : Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi yang telah di buat.

3. Berorientasi objek (Object Oriented) : Bahasa Java mengunakan pemrograman berorientasi objek sehingg program yang di buat dapat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

1. Mulai dengan cepat: Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, mudah dipelajari, terutama untuk programmer yang sudah menguasai C atau C++

1. Tulis lebih sedikit program: Jumlah kelas, jumlah metode, dll, menunjukkan bahwa program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java memiliki jumlah 4 kali lipat lebih kecil dari program sama yang ditulis dalam bahasa C++

2. Tulis program lebih baik: Bahasa pemrograman Java menganjurkan praktek membuat program yang baik, dan automatic garbage collection membantu Anda untuk menghindari kebocoran memori. Orientasi objeknya, arsitektur komponen JavaBeans, dan jangkauannya yanga luas, API yang mudah diperluas, memungkinkan Anda menggunakan kode yang ada.

3. Membuat program dengan lebih cepat: Bahasa pemrograman Java lebih mudah dari C++, pemrograman akan menjadi 2 kali lipat lebih cepat, dengan jumlah baris yang jauh lebih sedikit.

4. Menghindari kebergantungan pada platform tertentu: Anda dapat menjalankan program Anda pada banyak platform dengan TIDAK menggunakan library yang ditulis spesifik untuk platform tertentu.

5. Tulis sekali, jalankan di mana saja: Karena aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java dikompilasi ke dalam kode byte yang bebas platform, aplikasi yang ditulis dapat jalan secara konsisten pada platform apa saja.

6. Distribusikan software Anda dengan mudah: Dengan Java Web Start, pengguna program Anda akan dapat menggunakan aplikasi Anda dengan mudah. Sistem pengecekan versi otomatis pada saat program dimulai menjamin pengguna Anda selalu menjalankan versi terkini. Apabila versi baru tersedia, Java Web Start akan melakukan instalasi secara otomatis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 yoghduthglory. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates